Redaksi Sumut

Hari Laut Sedunia, HNSI Medan Dan Ditpolairud Polda Sumut Gelar Gotong Royong

8 Jun 2024 - 131 View

Belawan, Redaksidaerah.com -Dalam rangka hari Laut sedunia. Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kota Medan bersama Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Sumatera Utara mengelar gotong royong dengan membersihkan sampah di pesisir pantai Belawan (Pantai Olo), Sabtu (8/6/2024), pada Pagi. 

Ada pun  yang dikutip berupa  sampah organik dan non organik. Dan yang dominan adalah sampah berjenis non organik. Selanjutnya sampah yang telah terkumpul selanjutnya di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir ( TPA) di angkut mengunakan truk sampah milik Pemko Medan. 

Dirpolairud Polda Sumut Kombes (Pol) Rudi Rifani didampingi Kabag Bin Opsnal AKBP Jenda K. Sitepu, mengatakan kegiatan gotong royong bersih laut dan pantai ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati hari laut se-dunia ( Ocean Day 2024).

"Kita menggandeng HNSI Kota Medan, Karang Taruna Belawan dan Relawan Tim Wak Young Sumatera Utara dalam kegiatan bergotong royong ini. Dengan harapan mereka mampu menyampaikan pesan baik dari hari laut kepada nelayan," jelas Dirpolairud Polda Sumatera Utara. 

Selain itu juga, Rudi Rifani, pihaknya mengajak seluruh masyarakat pesisir untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pantai dengan cara tidak  membuang sampah sembarang.

Sementara itu Ketua DPC HNSI Kota Medan Abdulrahman  mengatakan sampah yang terkumpul umumnya berupa sampah plastik ( non organik) yang kemungkinan besar berasal dari masyarakat yang buang sampah sembarang.

"Laut merupakan tempat tinggal dan berkembang ikan yang merupakan sumber protein dan gizi yang dibutuhkan manusia. Jika laut rusak maka kita semua kena imbasnya. Untuk itu kita harus bertanggung jawab untuk menjaga laut dan pantai agar tetap bersih serta bisi menjadi tempat ikan berkembang biak," jelas Abdulrahman. 

Reporter : LP Sitinjak
Editor : LP Sitinjak

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih