Redaksi Jateng

Bupati Blora Ingin Petani Tebu Blora Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

18 Mei 2024 - 32 View

Blora - Redaksi Daerah.com  H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Rabu (15/05/2024).

Dalam sambutannya, Bupati yang kerap disapa Mas Arief ini menyampaikan apresiasinya kepada jajaran pengurus APTRI karena telah mebangkitkan kembali organisasi ini yang  telah lama vakum.

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada APTRI yang mana sudah tertidur lama, kini bangun kembali sebagai wadah berikutnya kepada para petani tebu di Kabupaten Blora”, ujarnya.

Orang nomor satu di Blora itu meminta kepada berbagai pihak untuk dapat bersinergi agar para Pptani merasakan masa-masa keemasan , seperti yang dulu pernah di alaminya.

“Dulu kita pernah berjaya! Jadi saya minta kepada GMM dan BULOG, kejayaan masa lalu ketika tebu benar-benar manis ini bisa kita rasakan kembali, termasuk soal harga,”kata Arief Rohman.

Lanjut, dalam tujuannya untuk mencapai kejayaan, Bupati Arief memberikan kesempatan kepada jajaran pengurus APTRI untuk bisa melaksanakan audiensi ke BULOG pusat, kaitannya dengan pendampingan para petani tebu.

“Setelah ini, perwakilan APTRI yang telah dilantik kita sowan ke BULOG Pusat. Nanti tolong diagendakan. Kita ingin petani yang dulu merasakan hasil yang bagus, bisa merasakan kembali. Bagaimana Petani didampingi mulai dari pemilihan bibit, pemupukan, sehingga pasca panen dapat dirasakan petani. Karena kebetulan, direkturnya ini Pak Bayu orang Ngawen, nanti saya minta waktu Pak Bayu," tambahnya.

Selain itu, Bupati Arief juga mendorong pemanfaatan lahan milik Perhutani agar dapat digunakan untuk peningkatan areal lahan tanaman tebu di Blora.

“Kemudian juga perluasan lahan menjadi konsen kita. Beberapa waktu lalu kami sudah koordinasi dengan perhutani, ada beberapa lahan yang bisa dimanfaatkan, kita juga perlu memetakan lahan yang memang sekiranya marginal bisa ditanami tebu , nanti kita perluas lagi," ujarnya.

Adapun pengurus APTRI Kabupaten Blora yang telah dilantik berdasarkan Surat Keputusan DPD Jateng, Nomor 025/Kep/DPD APTRI JTG/2024, tentang struktur dan personalia DPC APTRI Wilayah Kerja PG GMM Blora masa bhakti 2024-2029, disebutkan Penasehat Abu Nafi, SH dan Ir. Bambang Sulistya, M.MA. Kemudian Ketua Sunoto, Wakil Ketua I Sakijan, Wakil Ketua II Moerdono, Sekretaris Anton Sudibyo, Wakil Sekretaris Agus Joko Susilo, Bendahara Mulyadi, Wakil Bendahara Sri Suprihatin.

Sedangkan Biro Kaderisasi dan Organisasi Sugiyanto dan Jani. Biro Koperasi, Kemitraan dan Pegembangan Usaha Sumarsono dan Dwiyanto. Biro Pengembangan SDM dan Litbang Ahmad Supaedi dan Yatman. Biro Hubungan Masyarakat, Publikasi dan Informasi Nur Hasyim dan Darmadi. Biro Hukun dan Advokasi Wahyuningsih dan Mulyono. Biro Kemitraan Industri dan Peningkatan Teknologi Suhadi dan Mudho.

Bupati turut mengharapkan dengan bangkit kembalinya APTRI  dapat memunculkan perannya dalam Program Pergulaan Nasional.

“Keberadaan  APTRI ini kami harapkan bisa berinsergi dengan Pemda,. Untuk bagaimana kita berperan dalam Program Pergulaan Nasional. InshaaAllah kami beserta jajaran Forkompimda siap mengawal agar kita bisa mensukseskan Program Pemerintah terkait dengan Pergulaan Nasional”, tutupnya.

Tim Liputan: Nurdin , Husen                                                                                                        Editor.         : TE jateng

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih