Redaksi Sumbar

Delegasi UEA menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang. (dok-red)

Delegasi UEA Menyerahkan Bantuan Dan Melihat Kondisi Korban Galodo

29 Mei 2024 - 135 View

Delegasi UEA menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang. (dok-red)

Tanah Datar,- RedaksiDaerah.com,— Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Forkopimda, Danyon Marharlan II Marinir Padang Mayor Marinir Denny Aprianto Putro, Kadis Kominfo Yusrizal, Rabu (29/5/2024) terima kunjungan delegasi dari Negara Uni Emirat Arab (UEA) di Gedung Indojolito Batusangkar. 

 

Kehadiran delegasi Uni Emirat Arab ini dalam rangka menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi pada tanggal 11 Mei yang lalu. 

 

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra menjelaskan bahwa bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Tanah Datar banyak mengakibatkan kehancuran dan juga korban jiwa. 

 

"Akibat bencana ini 32 orang meninggal dunia, sementara 10 orang lagi masih belum ditemukan.  Rumah hanyut 43 unit, rusak berat 47 unit, rusak sedang 26 unit dan rusak ringan 80 unit. Selain itu juga ada jembatan rusak, area persawahan, rumah ibadah dan fasilitas pendidikan serta yang lainnya," terang Bupati. 

 

Bupati Eka Putra juga menjelaskan, pasca bencana yang terjadi beberapa upaya telah dilakukan, diantaranya menyiapkan lahan untuk relokasi warga yang berada di zona merah sepanjang bantaran sungai, melakukan normalisasi sungai dan juga mengusulkan pembangunan Sabo Dam ke pemerintah pusat. 

 

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang disalurkan oleh negara UEA melalui  Direktur Emirates Red Crescent Indonesia Mr. Hasjum Juma Aljasmi bersama Mr. Ahmed Ibrahim Alteneiji Perwakilan ERC kantor pusat dan Mr. Saleh Muhammad Bahanan dari ERC Indonesia. 

 

"Saya mewakili seluruh masyarakat Tanah Datar mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas bantuan ini. Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat, khususnya yang sedang tertimpa musibah," ujarnya. 

 

Delegasi Uni Emirat Arab Mr. Hasjum Juma Aljasmi yang merupakan Direktur Emirates Red Crescent Indonesia melalui jubirnya menyampaikan kehadirannya di Tanah Datar ini dilakukan setelah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Presiden RI dan beberapa pejabat tinggi di pusat. 

 

"Setelah berkoordinasi dengan bapak Presiden RI dan beberapa pejabat tinggi lainnya akhirnya kami datang kesini. Tujuan utama kami adalah menyerahkan bantuan kepada korban dan membantu meringankan beban mereka. 

 

Adapun bantuan yang diserahkan berupa berupa beras sebanyak 20 ton, sarden 750 dus, minyak goreng 750 dus, gula 4 ton (200 dus) dan family kid 750 paket, perlengkapan shalat dan juga seragam sekolah. 

 

Mr. Hasjum Juma Aljasmi juga berharap Tanah Datar bisa segera pulih dan membaik pasca bencana banjir bandang dan longsor yang melanda beberapa waktu lalu. 

 

Pada kunjungannya ke Tanah Datar, Mr. Hasjum Juma Aljasmi dan rombongan juga sempat melihat langsung kondisi pengungsi di kantor Wali Nagari Rambatan, sekaligus menyerahkan bantuan. (Fernando)

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih